RAFFLESIA ARNOLDI , FLORA LANGKA MEMIKAT HATI

 RAFFLESIA ARNOLDI , FLORA LANGKA 

MEMIKAT HATI


 
Bunga Rafflesia Arnoldii


Hallo temen-temen, kali ini Alyxia akan menulis tentang objek wisata di provinsi Bengkulu. Ini adalah objek hits sepanjang masa dan selalu ditunggu-tunggu kehadirannya. Apa lagi kalau bukan bunga Rafflesia Arnoldi, spesies langka yang memikat hati.
Rafflesia arnoldii atau padma raksasa merupakan tumbuhan parasit obligat yang tumbuh pada batang liana (tumbuhan merambat) dari genus Tetrastigma. Spesies Raflesia yang lainnya juga memiliki inang yang sama. Rafflesia arnoldii pertama kali ditemukan pada tahun 1818 di hutan tropis Sumatera oleh seorang pemandu yang bekerja pada Dr. Joseph Arnold yang sedang mengikuti ekspedisi Thomas Stanford Raffles, sehingga tumbuhan ini diberi nama sesuai sejarah penemunya yakni penggabungan antara Raffles dan Arnold.
Rafflesia arnoldii tidak memiliki daun sehingga tidak mampu melakukan fotosintesis sendiri dan mengambil nutrisi dari pohon inangnya. Bunga menghisap unsur anorganik dan organik dari tanaman inang Tetrastigma. Satu-satunya bagian yang bisa disebut sebagai "tanaman" adalah jaringan yang tumbuh di tumbuhan merambat Tetrastigma. Bentuk yang terlihat dari bunga Raflesia ini hanya bunganya saja yang berkembang dalam kurun waktu tertentu. Keberadaannya seakan tersembunyi selama berbulan-bulan di dalam tubuh inangnya hingga akhirnya tumbuh bunga yang hanya mekar seminggu. Bunga Raflesia adalah identitas provinsi Bengkulu dan sebagai salah satu puspa langka dari tiga bunga nasional Indonesia mendampingi puspa bangsa (melati putih atau Jasminum sambac) dan puspa pesona (anggrek bulan atau Phalaenopsis amabilis) berdasarkan Kepres No 4 Tahun 1993 tentang Satwa dan Bunga Nasional.


Mahkota Bunga Rafflesia dan Bongkolnya
Rafflesia arnoldii yang memiliki bunga yang melebar dengan lima mahkota bunga.  Bunga menjadi satu – satunya bagian tumbuhan yang terlihat dari Rafflesia arnoldii, karena tidak adanya akar, daun dan batang. Satu bunga terdiri dari lima kelopak kasar yang berwarna oranye dan berbintik-bintik dengan krim berwarna putih. Pada saat bunga mekar, diameternya dapat mencapai 70 hingga 110 cm dengan tinggi mencapai 50 cm dan berat hingga 11 kg. 

Rafflesia arnoldii memiliki organ reproduksi, yaitu benang sari dan putik, dalam satu rumah yang terdapat di bagian tengah dasar bunga yang berbentuk melengkung seperti gentong. Proses penyerbukan pada bunga raflesia dibantu oleh serangga yang tertarik pada bau bunga yang menyengat.  Kuncup-kuncup bunga terbentuk di sepanjang sela-sela batang dengan masa pertumbuhan bunga dapat memakan waktu sampai 9 bulan dan masa mekar sekitar 5-7 hari, kemudian bunga raflesia akan layu dan mati. 

Tetapi rafflesia Arnoldi saat ini sedang diujung kepunahan karena habitatnya semakin sedikit. Hal ini terjadi karena  habitat dan inang tempat tumbuhnya makin sulit didapat akibat pembakaran dan penebangan hutan secara illegal. Untuk itulah saat bunga ini mekar akan dijaga oleh warga sekitar demi mempertahankan keberlangsungan objek wisata ini karena takut dirusak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Bongkol Bunga Rafflesia Arnoldii
Beberapa lokasi yang sering ditemui tumbuh bunga Rafflesia Arnoldii antara lain di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), Pusat Pelatihan Gajah (PLG) Seblat Kab. Bengkulu Utara), Padang Guci Kabupaten Kaur, Hutan Taba Penanjung Kab. Bengkulu Tengah (sekitar 100 meter dari jalur lintas Bengkulu-Kepahiang.), dan Hutan Lindung Bukit Daun Kab. Kepahiang. 

Yuk, datang ke Bengkulu nanti bakal dipandu oleh blogger-blogger kece dari Blogger Bengkulu.  Nggak rugi deh berangkat dari kota ke lokasi mekarnya bunga ini. Jaraknya bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Bisa pergi bareng temen-temen, bareng keluarga, dan orang terkasih. Liburan ga mesti dihabisin pergi ke mal dan nonton bioskop kan? Kapan lagi kita bisa menikmati keindahan alam yang langka ini. Jika kita tidak bisa menjaga, setidaknya kita punya cerita untuk anak cucu kita nanti tentag keindahan bunga Rafflesia Arnoldi.


Comments

Popular posts from this blog

RD Beauty Care: Harga Terjangkau, Kualitas Memukau

Yuk, Kenal Lebih Dekat dengan Emaknya BoBe : Mbak Milda, Srikandi Digital Bengkulu

Anak Kecil Melek Gadget? Why not!