Wednesday, August 7, 2019

Buku yang Menginspirasi



Buku yang Menginspirasi


Cover buku Daun yang Jatuh tak Pernah Membenci Angin
Buku yang terakhir saya baca sebenarnya banyak sekali di tahun ini, tetapi yang baru selesai dibaca adalah buku karya Tere Liye yang berjudul “Daun yang Jatuh tak Pernah Membenci Angin. Tere Liye adalah penulis favorit saya karena setiap buku yang ia tulis selalu laris di pasaran. Selain berkualitas, buku karyanya juga selalu berhasil menggugah perasan setiap pembacanya.

Buku ini ditulis dengan alur maju  mundur mengisahkan kehidupan masa lalu seorang gadis bernama Tani yang hidup bersama ibu dan adiknya. Tania telah ditinggal oleh ayahnya sejak umur 8 tahun dan adiknya Dede yang masih berumur 3 tahun. Kehidupan keluarga Tania semakin sulit, mereka tidak sanggup untuk membayar uang kontrakan rumah dan juga biaya sekolah. Tania dan keluarganya pun tinggal di rumah kardus . Mereka  harus mengamen dari bis satu ke bis yang lain demi mencari uang untuk makan dan bertahan hidup. 

Suatu hari ketika sedang mengamen, Tania bertemu dengan sosok malaikat  yang kedepannya  akan membuat kehidupannya lebih baik tanpa meminta balasan apa pun. Seiring berjalannya waktu, Tania mulai merasakan perasaan yang berbeda bahkan usianya masih belia. Ibunya pun pernah berpesan misterius bahwa Tania tidak boleh bersedih dan sadar bahwa laki-laki itu hanyalah malaikat penolong keluarga.

Semakin hari perasaan itu semakin kuat. Namun, Tania sadar jika ia tidak boleh membiarkan perasaannya semakin bertumbuh. Karena Tania tahu jika malaikatnya hanya menganggap Tania sebagai seorang  adik tak lebih persis seperti yang ibunya pernah katakan. Rasa cemburu terus saja menggerogoti hati Tania hingga di hari pernikahan sang malaikat. Tania baru tahu jika sang malaikat juga memiliki perasaan yang sama namun sudah terlambat karena sang malaikat sudah bersama wanita lain. Kisah Tania memang pelik, tak hanya soal kehidupan tapi juga percintaan sehingga Tania sadar bahwa daun yang jatuh tak pernah membenci angin.  Ikhlas adalah kuncinya dan Tanian tak ingin lagi pulang ke Indonesia. 



Itulah rangkuman dari novel yang pernah saya baca. Novel ini memberikan pengetahuan kepada kita bahawa semua keinginan kita tidak bisa semuanya tercapai, kita harus mampu menjalani kehidupan dengan ikhlas dan selalu berusaha. Hal terpenting lagi bahwa kita harus bisa terbuka dan jujur dengan semua yang kita rasakan karena penyelasan sangat tidak berguna. Alur ceritanya mudah dipahami walaupun banyak kosa kata yang tergolong tinggi, namun masih tetap bisa saya nikmati. Ini adalah buku yang sangat menmotivasi dan mengisnpirasi untuk saya sebagai penulis pemula. Kalian semua harus membaca buku ini ya 😊.

No comments:

Post a Comment

Wujudkan Mimpi Menjadi Tenaga Kesehatan Profesional di Fikes Unived Bengkulu

Holla teman-teman.... 😀 Apa kabar semuanya?? Kali ini saya akan membahas hal yang sangat menarik untuk diperbincang...