Cara Mudah Membuat Sate Taichan Gurih

Cara Mudah Membuat Sate Taichan Gurih





Halo teman-teman. Apa kabar?

Sehatkan? Sehat dong ya pastinya dan harus sehat :D

Alhamdulillah kita masih dipertemukan dengan bulan Ramadhan tahun ini.  Walaupun suasananya terasa berbeda dikarenakan wabah yang sedang melanda dunia, tetapi semangat beribadah di bulan yang suci ini harus terus menggebu dan jangan pernah pudar.

Gimana nih kabar teman-teman yang WFH? Masih semangat kan?
Memang ini merupakan solusi terbaik dari pemerintah yaitu temen-temen di rumah aja dan biarkan saya dan teman-teman tenaga kesehatan lainnya yang tetap bekerja. Mari terus bekerja sama untuk memberantas wabah ini dan doakan kami agar tetap sehat dan terlindungi agar bisa selalu memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik untuk teman-teman.

Nah, berhubung sekarang sudah memasuki pertengahan bulan puasa, pastinya temen-temen udah ga sabar kepengen masak masakan yang enak untuk berbuka puasa. Apalagi kita semua sedang di rumah aja, so pasti kreatifitas kita akan semakin baik ya, apalagi dalam hal masak memasak hehe. Walaupun saya tetap bekerja, tetapi ketika ada waktu luang di rumah saya isi dengan kegiatan masak memasak.
Emang sih saya masih newbie dalam dunia permasakan ini, tapi soal rasa dijamin pasti enak deh haha.  Resep saya ini saya peroleh dari hasil scrolling gabut di internet juga kok, tapi sudah saya modifikasi dan rasanya dijamin maknyusss! Yaudah deh, jadi selama bulan puasa ini insyaAllah saya akan rutin untuk membuat blog tentang masakan dan cemilan untuk berbuka puasa.

Temen-temen tahu nggak apa itu Sate Taichan?

Sate taichan adalah sate yang sangat sederhana dan terbuat dari daging ayam yang hanya dibumbui dengan garam dan jeruk nipis, lalu dibakar diatas bara atau bisa juga digoreng di atas wajan dengan sedikit minyak. Sate ini disantap dengan sambal yang pedas, lontong, dan irisan jeruk nipis. Berbeda dengan sate pada umumnya, sate yang satu ini putih karena tidak dibubuhi kecap atau bumbu kacang di dalamnya.  Rasa dagingnya yang gurih dan sambal khasnya yang pedas membuat orang-orang mampu memakan bertusuk-tusuk sate Taichan dalam satu kali makan ehehehe.

Sejarah Sate Taichan

Sebenarnya awal mula sate ini darimana sih? Banyak yang mengira bahwa sate ini berasal dari Jepang atau luar negeri, padahal sate ini merupakan hasil kreasi dari pedanga sate yang ada di daerah Senayan.

Ada beberapa versi nih mengenai awal kemunculan sate taichan, walaupun kabar-kabar ini belum terkonfirmasi kebenarannya. Awalnya pada sekitaran tahun 2012, ada seorang pasangan pemuda yang berasal dari Jepang dan Indonesia. Mereka ingin membeli sate di daerah Senayan, Jakarta. Pria Jepang ini mengatakan tidak suka dengan bumbu kacang khas Madura yang menjadi bumbu sate tersebut sehingga ia berinisiatif untuk membakar sendiri daging ayam mentah yang sudah ditusuk dengan lumuran garam dan jeruk nipis, tanpa kecap dan sambal. Lalu, setelah matang ia meminta sambal ke pedagang tersebut sebagai pendamping sate. Saat pedagang sate menanyakan sate apa yang sedang ia buat, pria Jepang itu menjawab "sate taichan" saja, tanpa tahu alasan di balik nama tersebut.


Versi lainnnya adalah kedatangan ekspatriat Korsel yang sering menyantap sate ayam di sebuah warung sate yang masih berada di kawasan Senayan, Jakarta. Karena sudah sering makan di warung tersebut, ekspatriat tersebut jadi saling kenal dengan pemilik warung. Pria ini pun mengajari pemilik warung cara lain membuat sate yang menjadi nenek moyang hadirnya sate taichan. Ketika itu, bumbu yang digunakan adalah semua irisan bumbu seperti cabai rawit hijau, bawang merah, bawang putih, dan garam. 

Tapi bukan orang Indonesia kalau tidak kreatif soal makanan. Nah, berikut resep Sate Taichan gurih ala Aly!

Resep 1 : Sate Taichan
Bahan-bahan :
o Daging dada ayam fillet dan kulitnya (karena saya suka kulit hehe) - 250 gram      
o   Air perasan jeruk nipis - 2 sdm
o   Bawang putih, haluskan - 1 siung
o   Lada bubuk - 1 sdt
o   Garam - sejumput
o   Tusuk sate - secukupnya
            Bahan Sambal :
o   Cabe rawit hijau - 15 buah
o   Cabe merah keriting - 5 buah
o   Bawang merah - 5 siung
o   Kaldu bubuk - 1/2 sdt
o   Gula - 1/2 sdt
o   Garam - 1/2 sdt
o   Lada bubuk - 1/2 sdt
            Bahan Pelengkap:
o   Irisan timun - secukupnya
o  Irisan jeruk nipis – secukupnya (atau apapun garnish yang ada di rumah temen-temen)

Cara membuat sate :
  1. Cuci bersih dada ayam, lalu potong-potong berbentuk dadu sedang.
  2. Potong-potong juga kulit ayamnya dengan bentuk memanjang.
  3. Beri air perasan jeruk nipis, bawang putih, lada, dan garam, sambil ayam diremas-remas sebentar hingga bumbu merata. 
    Daging ayam yang sudah dicam
  4. Diamkan 30 menit agar bumbu meresap (lebih juga boleh).
  5. Tusukkan daging ayam ke tusuk sate sesuai selera (minimal 4 daging ayam, tapi berhubung adek saya makannya 1 tusuk sate sekaligus, yaudah jumlah tusuk satenya yang saya banyakin)
  6. Tusukkan kulit ayam dengan sesama kulit ayam, boleh jika ingin dikombinasikan dengan dagingnya.
  7. Bakar di atas alat pembakar (saya membakarnya di teflon anti lengket) sampai ayam berubah warna dan meninggalkan sedikit bekas bakaran kecoklatan.


     
Cara Membuat Sambal
  1. Rebus sebentar semua cabe dan bawang hingga agak lunak. Angkat dan tiriskan.
  2. Blender semi halus cabe dan bawang (biarkan bijinya masih terlihat).
  3. Tumis sambal sebentar.
  4. Tambahkan gula, garam, kaldu, dan lada bubuk. Cicipi rasanya.
  5. Angkat dan letakkan pada cembung.



Penyajian
  1. Tata sate di piring saji.
  2. Letakkan sedikit sambal dan beri perasan jeruk nipis agar lebih nikmat dan mengurangi rasa pedas pada sambal.
  3. Sajikan bersama irisan tomat dan jeruk nipis.


Taraaa, jadilah sate Taichan rumahan ala Aly :D




Mudah banget kan, lebih ekonomis dan enak tentunya. Soalnya saya pecinta sate Taichan, kalau beli diluaran ya lumayan menguras kantong :p.

Selamat mencoba :D

Comments

  1. Alhamdulilah aku blum pernah buat sate mbk heheh, mksih resepnya mbk sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbakk... iseng-iseng aja nih coba masak sate mumpung harga ayam lagi murah haha

      Delete
  2. Pandemi ini memberikan hikmah, ketika stay at home, beberapa resep masakan udah kucoba. Nah, resep ini bakalan masuk list percobaanku selanjutnya. Heheh, makasih resepnya, Mbak.

    ReplyDelete
  3. Untuk baca artikel aly pas malem udah buka. Kalo siang auto ngences heheh... Resepnya mudah juga ya, besok mau coba ah

    ReplyDelete
  4. Sate sate satenya 100 tusuk mba �� cocok ya buat yang gak suka bumbu Madura atau Padang

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekalian diet dari bumbu kacang dan kecap”an mbak wkwk

      Delete
  5. Mudah banget ini resepnya. Aku baca sambil meneguk air ludah. Cukup menggugah selera. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan dicoba menu baru untuk pak suamiii mbak hehe

      Delete
  6. kai tuh nggak bisa makan ayam kalo ngak di rebus dulu, jadi gimana? apa bisa kalo direbus dulu ayamnya apa akan pengaruhi rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting daging ayamnya tetep didiamkan dulu bareng bumbu” halus sebelum direbus mbak. InsyaAllah dah ngeresep gurihnya eheee

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Anak Kecil Melek Gadget? Why not!

Anak Zaman Sekarang: Part 4

Cara Mudah Membuat Salad Buah di Rumah