Masak Enak, Ketoprak Telur Dadar


Masak Enak, Ketoprak Telur Dadar (Darurat)



Ketoprak dan Wedang Jahe

Duh, malam-malam kepengen makan ketoprak tapi tempat belinya jauh bahkan udah tutup kali ya. Mulai deh bongkar-bongkar isi kulkas dan ngeliat ada stok kacang tanah ternyata.  Buka-buka lagi lemari bahan makanan eh nemu stok bihun jagung  beberapa bulan yang lalu dan sepertinya masih bagus haha. Cek-cek bumbu ternyata lumayan lengkap. Tapi ga punya stok lontong ama toge di rumah.  Sejenakku berfikir dan mengingat video kuliner tentang ketupat telur di Instagram yang pernah ku tonton. Hmm, kayaknya buat ketoprak telur dadar enak juga nih. Cek-cek kulkas lagi, eh ternyata cuma punya 1 butir telur lagi haha. Merenung sejenak, jadi pengen gado-gado juga tapi yaudahlah yah kita tambahin kol mentah juga. Hmm sebelum beraksi, akan lebih baik jika kita telusuri dulu nih riwayat singkat dari makanan legendaris ini.

Ketoprak sudah umum kita jumpai dihampir seluruh kota di Indonesia, rasanya yang lezat, manis, dan gurih, serta harganya yang murah menjadikan makanan ini sebagai primadona di setiap tempat. Walaupun banyak yang menyukainya, tetapi masih banyak orang yang belum mengetahui asal usul dari makanan ini. Sebagian besar orang yakin bahwa ketoprak adalah salah satu makanan khas Betawi, suku mayoritas warga Jakarta. Namun, ada juga yang menyebutkan bahwa makanan ini berasal dari daerah Cirebon. Lalu ada juga yang mengatakan bahwa ketoprak justru berasal dari Jawa Tengah. Oleh karena itu, sampai detik ini belum ada bukti yang pasti dari daerah mana ketoprak ini berasal.

Temen-temen ada yang tau ga? Kalau tau boleh ya kasih tau di kolom komentar :D

Walaupun ketoprak sudah tersebar hampir di seluruh Indonesia, namun masih banyak kok masyarakat yang kurang familiar dengan ketoprak. Saya sendiri saja tahu soal ketoprak dari sinetron Betawi dan pertama kali menyatapnya ketika SMP. Ternyata rasanyaa emang enak bangettt. Ketoprak adalah makanan yang memiliki kemiripan dengan pecel, tapi menurutku semua yang berkuah kacang itu mirip-mirip seperti lotek dan gado-gado juga haha. Bedanya ada pada isian dan bumbu penyertanya, jika pecel terdiri dari rebusan sayuran hijau, ketoprak justru berisi ketupat, bihun, tahu goreng, toge, dan mentimun. Lalu, kalau lotek menggunakan bumbu penyerta berupa kencur, sedangkan ketoprak tidak. Nah, kalau bedanya ama gado-gado yang saya tau sih gado-gado itu ada irisan telur rebusnya hehe.

Selain asalnya yang masih menjadi perdebatan, nama ketoprak juga dianggap cukup unik dan masih menyisahkan misteri. Beberapa pendapat menyebutkan bahwa nama ketoprak berasal dari singkatan ketupat toge digeprak.

Namun, ada pendapat lain yang menyatakan jika ketoprak bermula dari seorang pria yang ingin makan kemudian membuat makanan dengan bahan ketupat, toge, mie, bawang goreng dan tahu goreng yang kemudian diberi bumbu kacang yang telah dihaluskan. Pria tersebut saat makan sambil terus memikirkan nama makanan ini sembari melamun hingga tanpa sadar menjatuhkan piringnya dan menghasilkan bunyi 'ketuprak'. Pria itu kemudian memberi nama makanan yang dibuatnya ini dengan nama ketoprak.

Gimana? Unik bangetkan asal-usul namanya. Yukk, tanpa berlama-lama lagi, kita segera capcuss mengeksekusi menu lezat andalan sejuta umat :D.

Resep 2 : Ketoprak Telur Dadar Darurat

Bahan-bahan : (Bisa untuk 3-4 porsi)
·         1 butir Telur
·         Bihun jagung 1 bungkus
·         ½ bagian Kol
·         1 buah Timun
·         Kecap manis
·         Bawang goreng

Bumbu Kacang:
·         4 genggam kacang tanah (bisa juga diukur menggunakan sendok nasi)
·         2 bawang putih
·         Cabai rawit setan besar 2 buah  atau sesuai selera kepedasan masing-masing
·         2 sdm Gula merah
·         1 sdt Garam atau secukupnya (saya menggunakan garam kasar)
·         1/2 buah perasan jeruk limau
·         Air hangat kuku

Langkah pembuatan :
  • Rendam bihun jagung dengan air hangat kuku
  • Racik bahan telur dadar lalu goreng dan potong petak-petak.
  • Iris kol tipis-tipis
  • kupas kulit timun dan potong-potong sesuai selera
    Bihun dan sayuran yang sudah dipotong-potong
      Cara membuat bumbu kacang :
  • Goreng kacang tanah dengan api kecil sampai berwarna kecoklatan, hati-hati jangan sampai gosong.
  • Ulek halus kacang goreng tersebut lalu tepikan.
  • Haluskan bawang putih, cabe setan, gula merah, garam, dan perasan jeruk nipis.
  • Campurkan kacang sudah dihaluskan dengan bumbu yang sudah dihaluskan
  • Masukkan air hangat sedikit demi sedikit sambil mengatur kekentalan sesuai yang diinginkan. Cek rasa.
·      
 Cara penyajian :
  • Susun bihun jagung, irisan kol, timun, dan telur dadar pada piring lalu siram dengan kuah kacang.
  • Beri kecap manis sesuai selera (tapi saya ga suka pake kecap manis hehe)
  • Jangan lupa taburi dengan bawang goreng dan taraaa Ketoprak Telur Darurat sudah siap disantap.

      BTW, rasanya lumayan pedas karena saya menggunakan cabe setan yang besar. Mohon maaf kalau penyajiannya kurang rapi :')  Kalau teman-teman tidak terlalu suka aroma bawang putih boleh hanya menggunakan 1 bawang putih saja. Over all rasanya enak banget, perpaduan gula merah, bumbu ulekan, dan kacangnya, beuhh bikin nafsu makan meningkat. Adek saya aja sampai nambah 3 kali haha alhamdulillah porsi yang saya buat cukup untuk mengisi perut 4 orang di rumah saya walaupun dengan bahan-bahan seadanya. Selamat mencoba :D
      
       

Comments

  1. Kadang masak pake bahan darurat di kulkas, hasilnya justru endul ya deek. Jadi pengen juga nih bikin ketoprak. ^^

    ReplyDelete
  2. Pokoknya semua makanan yang dadakan tu enak. Apalagi kalo pas lagi laper atau bulan puasa gini ya kan ly

    ReplyDelete
  3. pasti bahagia nih makan ketoprak, hahaha. btw di rumah gak ada batu giling, gimana dong solusinya

    ReplyDelete
  4. Aku kurang suka ketoprak, mungkin memang tidak jodoh sama salad ala indonesia ini. Lebih suka yang dibening atau tumis. BTW thanks resepnya aly

    ReplyDelete
  5. Aku malah belum pernah makan ketoprak 😂. Tapi suka pecel n goda goda eh gado gado. Makasih ya resepnya. Kupikir sama aja ini kayak salad sayur pakai kuah kacang lainnya.

    ReplyDelete

  6. Seumur-umur aku blm pernah makan ketoprak. Tp klo dilihat dr bahan dan proses pembuatannya kok kayak pecel ulek ya, alias lotek klo di sini.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Anak Kecil Melek Gadget? Why not!

BLACK TEKWAN, Kuliner Kekinian ala Anak Kos

REVIEW : JAJANAN "ZAMAN NOW" ALA MAHASISWA KEBIDANAN