Pelatihan di Skill Academy

Pelatihan UMKM Online di Skill Academy: Membuat dan Menjual Masker Kain Melawan Virus Corona




Hai, salam semangat dan selamat beraktivitas, Readers. Hari ini kita akan membahas dan mengulik seputar platform edukasi digital yang sedang naik daun banget, apalagi kalau bukan Skill Academy. Well, awalnya sudah tau tentang Skill Academy karena dulu sering nyari-yari website untuk belajar Toefl dan ada info tentang diskon atau paket belajar gratis gitu. Ya, namanya pernah jadi pelajar kan ya, denger-denger yang diskon dan gratis ya langsung merapat dong.

 

Nah, ketika sudah tamat kuliah dan sedang galau-galauya tentang mencari pekerjaan ditambah sedang masa pandemi maka muncullah ilham bak sinar mentari cerah dihari yang sejuk. Yaitu, aku mendapat informasi tentang program Prakerja yang diinisiasi oleh pemerintah. Awalnya ragu buat ikut, karena takut ga lolos seleksi hihi tapi, ternyata bener loh waktu daftar pertama kali aku ga lulus seleksinya haha.

 

Ketika ikut pendaftaran yang kedua kalinya aku lolos. Nah, waktu lagi cari-cari kelas buat belajar, langsung ketemu logo Skill Academy dalam pilihan coursenya. Tanpa tanggung-tanggung dan menunggu lama, akhirnya aku langsung tertuju pada logo itu, mengklik, dan meng-scroll pelatihan-pelatihannya. Ternyata harga pelatihannya lumayan terjangkau dan ada sistem pelatihan paketan gitu, jadi lebih praktis, murah, dan komplit.

 

Karena saat itu dan sekarang masih dalam masa pandemi, jadi fokus nyari pelatihan yang bisa mengembangkan skill. Tujuannya agar setelah pelatihan bisa mengaplikasikan pembelajarannya di kehidupan sehari-hari, syukur-syukur bisa mengembangkan usaha dan menambah cuan. Pas banget aku anaknya suka crafting gitu dan langsung mantap memlilih pelatihan pembuatan masker untuk cikal bakal memulai UMKM.

 

Cara membeli paket kursusnya juga mudah, setelah mendapat kode voucher kita langsung menuju lapak Skill Academy dan log in di sana. Fyi, aku suka banget ama tampilan list pelatihannya yang terstruktur per sub-bab yang saling sambung menyambung. Apalagi mentornya juga interaktif dan menjelaskan secara detail walaupun hanya dalam bentuk video. Pengoperasian pelatihannya juga mudah, jadi untuk yang baru atau awam tentang teknologi online akan mudah untuk mempelajari dan mengikuti alurnya.  Berikut kemudahan yang aku dapatkan dalam kelas UMKM online di Skill Academy:


1.        Materinya Fokus dan Detail

Aku mengambil kelas online tentang pembuatan masker yang didalamnya terbagi menjadi 3 bab utama dan selanjutnya ada sub-bab lainnya di dalam bab utama itu. Materinya tertata sekali karena di awal kita diberi penjelasan terlebih dahulu mengenai urgency pelatihan ini atau bisa dikatakan sebagai tahap pengenalan dan pemberian pemahaman awal. Pada awalnnya juga dijelaskan secara gamblang tentang situasi pandemi saat ini dan peluang usaha masker. Bab selanjutnya mulai menjelaskan tentang pemilihan bahan masker dan alternatifnya, bahan-bahan pendukung lainnya, serta cara membuat masker. Di bab terakhir juga kita diajarkan tentang cara pemasaran maskernya secara online. Ga lupa juga ada sesi pembelajaran via zoom satu kali di bagian akhir. Nah, gimana ga mantep tuh, udah diajarin filosifi diawal, cara pembuatan, dan diajarkan pula tips dan trik bisnis untuk UMKM secara online. Keren banget kan!

 

2.       Durasi Video dan Kualitas Tampilannya Baik

Nah, aku adalah tipe orang yang ga suka banget nonton video yang durasinya lama di handphone karena bikin sakit mata dan ga fokus. Melalui video yang dibagi per-sub-bab ini membuat kita bisa fokus untuk setiap pergantian materinya. Terlebih lagi durasi videonya paling lama hanya 10 menit, jadi nggak bikin pegel mata dan kepala lah yaaa hehe. Apalagi tampilan editing, latar, dan ornamen-ornamen didalam vidoenya pas banget, jadi antara materi dan animasnya seimbang. Aku juga seneng banget karena tiap bahannya ada contoh gambarnya secara langsung gitu, jadi kitanya juga langsung straight to the point.

 

3.       Terdapat Pre-test dan Post-test

Aku awalnya deg-deg-an banget waktu mau mulai pre-test, karenakan belum belajar apa-apa udah disuguhin tes aja. Tapi syukurnya dengan adanya pre-test ini membuat otak kita mulai berfikir, atau istilahnya pemanasan lah ya terus terpacu deh untuk menyelesaikan materi selanjutnya. Selain pre-test, juga ada mid-test untuk setiap akhir BAB-nya. Jangan khawatir, kalau merasa nilainya jelek testnya masih bisa diulang kok asal belum sampai nilai lulusnya. Dan ya, diakhir kita berhadapan lagi dengan post-test yang tujuannya untuk menguatkan pemahaman materi kita dari awal sampai akhir.

 

Nah, seru banget kan belajar di platform Skill Academy. Selain dapat pengetahuan kita juga diajarkan soal skill crafting dan pemasarannya.  Untuk saat ini, siapa gitukan yang ga butuh masker. Masker udah seperti kebutuhan pokok dimasa ini. Tentunya kawula muda ga terlalu suka dengan desain-desain masker yang biasa, untuk itulah pelatihan ini hadir untuk memberikan pembelajaran, motivasi, inspirasi, dan kreasi dalam membangun UMKM sendiri. Hayuuu dehh ikut pelatihan UMKM di Skill Academy!

 

Comments

  1. Selamat ya, akhirnya dapat kartu Prakerja. Semoga bisa nambah skill yang diminati.

    ReplyDelete
  2. Mantab ni kayaknya pelatihan skill academy nya benar-benar menghasilkan.

    ReplyDelete
  3. Skill Academy sebuah lembaga kursus online yang recomended untuk diikuti di masa pandemic ini

    ReplyDelete
  4. Keren bgt nih skillacademy. Bener2 kls online yg bkn kaleng2. Boleh bgt nih ikutan salah satu kelasnya. 😍

    ReplyDelete
  5. Wah. Baru tau di Skill academy ada kelas pembuatan masker.. Berarti lengkap banget ya kelas di skill akademy. Keren

    ReplyDelete
  6. Wihh seruu ya dek. Zaman sekarang tuh beneran terbuka akses untuk belajar, salah satunya dengan Skill Academy ini. Kereeen!

    ReplyDelete
  7. Masa pandemi gini emang harus pinter2 ya cari peluang, dan momen buat upgrade skill baru jugaa

    ReplyDelete
  8. Wuih udah ikutan aja nih kakaa kelas di skill academy. Upgrade kemampuan demi masa depan yang lebih baik ya

    ReplyDelete
  9. sederhana tapi mengena, pelatihan online begini semakin memberikan kemudahan nyata untuk terus belajar.

    ReplyDelete
  10. Cocok kayakmya sama aku, belajar bisa sambil ngeruwel di kasur yak.. tnpa harus dandan2 untk dpet materi..hehehe

    ReplyDelete
  11. ada juga pelatihan umkm pembuatan masker ya kak, kmaren aku lebih ke cara pemasaran produk gitu

    ReplyDelete
  12. Pandemi kek gini perlu banget cari income lain ya mbak. Apalagi kalau pekerjaan kita terdampak pandemi. Dan tentunya upgrade ilmu dulu di skill academy.

    ReplyDelete
  13. Kemaren suami juga ikut pelatihan di skill academy. Katanya dia puas banget belajar disana.

    ReplyDelete
  14. Skill academy keren banget . Pasti nge bantu bangt untuk semua pelaku UMKM

    ReplyDelete
  15. Goks sih ini, bisa diterapkan langsung materinya seumur hidup pula

    ReplyDelete
  16. Mantap ya skill Academy bisa support juga buat UMKM ya. Semoga bisa bersinergi dengan baik

    ReplyDelete
  17. Manteb ni bisa bljr Skill Academy meningkatkan UMKM.

    ReplyDelete
  18. Banyak diskon pas lihat kemarin, keren yaa... jenis kursus juga banyak

    ReplyDelete
  19. Pelatihan membuat masker nih bermanfaat bgt ya bisa jadi peluang usaha d masa pandemi

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Anak Kecil Melek Gadget? Why not!

BLACK TEKWAN, Kuliner Kekinian ala Anak Kos

REVIEW : JAJANAN "ZAMAN NOW" ALA MAHASISWA KEBIDANAN