Kuliner Papeda Gulung

 

Uniknya! Kuliner Papeda Gulung



Source: Google


Holla teman-teman, udah ada yang tau dan familiar dengan kuliner papeda belum? 


Source: Google

Papeda dikenal sebagai makanan berbentuk bubur sagu khas Maluku dan Papua yang biasanya disajikan dengan ikan tongkol atau mubara yang diberi bumbu kunyit namun saat ini dapat pula dikombinasikan dengan ikan kakap merah, kue, dan gabus.  Cara membuat papeda memang kelihatannya mudah, tetapi tidak semua orang bisa membuatnya lohh. Jika sampai salah menakar, papeda yang dihasilkan akan menjadi terlalu cair dan hilang ciri khasnya. Biasanya tepung sagu dicairkan terlebih dahulu dengan air secukupnya. Walaupun sering dibuat tawar, namun ada sebagian yang menambahkan gula dan garam juga. Setelah itu, gunakan air panas mendidih untuk dilarutkan ke tepung sagu yang sudah dicairkan tadi. Tuangankan air panas secara perlahan-lahan sambal mengaduk-aduk sagu agar matangnya merata. Papeda berwarna putih keruh dan bertekstur lengket seperti  lem dengan rasa yang tawar. Karena memiliki rasa yang tawar inilah maka temen-temen harus menikmati Papeda dengan kuah gulai ikan berbumbu. Papeda dapat dinikmati dengan sayur ganemo yang terbuat dari daun melinjo muda yang ditumis dengan buah pepaya muda dan cabe merah yang bisa diiris tipis.

Source: Google


    
Hidangan ini juga terkenal di Maluku yang memiliki cara khusus saat menyantapnya. Teksturnya yang kenyal, lengket seperti lem ini sulit di kunyah sehingga membuat papeda kurang cocok jika dijadikan hidangan sehari-hari. Saat memakannya, temen-temen membutuhkan sepasang sumpit atau dua garpu kayu khusus untuk mengambilnya. Cara asik menikmati papeda ini adalah dengan menggulungnya hingga melingkari garpu atau sumpitnya, lalu diletakkan di piring masing-masing. Kemudian, papeda disiram dengan kuah gulai ikan. Menyantapnya pun harus dengan cara diseruput cepat dan langsung ditelan.


Nah, teman-teman tidak usah khawatir kalau udah mulai ngiler buat nyantep papeda karena saat ini kuliner papeda tidak hanya tersedia di daerah asalnya saja loh, tapi juga sudah tersedia hampir di seluruh nusantara baik dalam bentuk restoran maupun jajanan kaki lima. Baru-baru ini, masyarakat Indonesia berinovasi dan berkreasi dengan membuat papeda menjadi jajanan kaki lima yang digemari banyak orang terlebih anak-anak karena harganya cuma Rp.1000-Rp.2000 saja per tusuknya. Dinamai papeda gulung atau juga papeda telur gulung, karena kuliner inovatif ini berbentuk layaknya telur gulung yang kerap temen-temen makan saat sekolah dulu. Jajanan baru ini menggabungkan adonan papeda atau tepung sagu yang sudah dicairkan dengan telur.



    Cara membuatnya pun cukup sederhana, yaitu dengan menuangkan telur ke dalam wajan dan mencampurnya dengan adonan papeda. Perpaduan adonan ini kemudian akan diratakan ke seluruh permukaan wajan hingga menjadi tipis layaknya kulit dadar gulung atau lumpia. Papeda gulung ini juga akan diberikan berbagai macam bumbu sesuai selera seperti bumbu rasa barbeque, balado, jagung manis, pedas,  dll. Kemudian adonan ini akan digulung menggunakan sebatang tusuk sate, sehingga penampilannya tak jauh beda dari jajanan telur gulung yang ‘hits’ dari dulu hingga sekarang.


    Nah gimana? Temenn-temen tertarik membeli bahkan memasaknya ga nih? Itung-itung bisa jadi ide buat buka usaha kecil-kecilan di masa pandemi. Kalau buka usaha ini pasti banyak peminatnya, terutama bocil-bocil SD dan generasi pecinta micinnnn huehehe.

 

 

 


Comments

  1. Rasanya gimana ya...asin ya? boleh juga dicoba tuh....bikin penasaran ma rasanya.

    ReplyDelete
  2. Melihat bentuknya, jadi penasaran sama rasanya gimana...

    ReplyDelete
  3. Itu dijualnya dimana ya mbak dibengkulu? Pengen beli. Penasaran...hehe

    ReplyDelete
  4. Jadi penasaran nih sama rasanya. Kuah atau saosnya itu loh pengen banget rasanya mau ku cocol. Hehee

    ReplyDelete
  5. Belum pernah makan papeda seumur hidup. Tapi kata temenku yang dari Fakfak, papeda itu enaaak banget xD

    ReplyDelete
  6. Papedaaa aku belum pernah makan tapi sering liat di tv. Ini tuh cireng versi lunak yah hehehehe

    ReplyDelete
  7. Enaknyo, saya pribadi udah memasukkan list cicip papeda, semoga suatu hari nanti bisa langsung coba.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Anak Kecil Melek Gadget? Why not!

BLACK TEKWAN, Kuliner Kekinian ala Anak Kos

REVIEW : JAJANAN "ZAMAN NOW" ALA MAHASISWA KEBIDANAN