Cara Mudah Membuat Bakwan Jagung Kol Renyah

 

Cara Mudah Membuat Bakwan Jagung Kol Renyah


Sayuran yang dibutuhkan

Hai sahabat Aly, jumpa lagi dengan tulisan saya yang kali ini akan membahas tentang kuliner. Akhir-akhir ini saya memang lagi hobi masak tapi nggak hobi makan hahaha. Masakan kali ini adalah bakwan jagung yang memang sudah tidak asing lagi di telinga dan lidah teman-teman. Di kantin sekolah dan pedagang gorengan memang tidak afdol jika tidak ada jajanan satu ini. Selain pembuatannya yang mudah, rasanya juga gurih dan manis yang berasal dari bahan dasar jagung tersebut. Orang-orang sering menikmati bakwan jagung ini dengan dicocol sambal, kecap pedas, cabai mentah, bahkan kuah pempek. Biasanya bahan dasar bakwan jagung ini hanyalah jagung dan terigu saja, tapi gimana ya rasanya kalau bakwan jagung yang kita buat ini dicampur dengan sayuran yang lain? Hum, pasti ada sensasi tersendiri saat menikmatinya. Yuk, sekarang kita membuat bakwan jagung kol.

Bahan yang sudah dipotong


Bahan:
·           Jagung manis 1 buah
·           ¼ kg kol iris tipis
·           2 buah cabe setan diiris tipis
·           3 buah cabe rawit diiris tipis
·           ½ kg sendok tepung terigu
·           Daun bawang 2 lembar diiris tipis
·           Garam
·           Lada
·           Masako
·         3 siung bawang merah dan putih yang telah ditumbuk halus.





Bahan-bahan yang telah dicampurkan

Cara membuat :
  1. Masukkan bawang yang telah dihaluskan, bulir jagung, kol, daun bawang, dan cabe yang telah diiris.
  2. Campurkan semua sayuran tersebut lalu masukkan bumbu penyedap dan tepung terigu sedikit demi sedikit.
  3. Aduk semua bahan tersebut menjadi satu setelah diberikan air masak sedikit demi sedikit.
  4. Jika adonan terasa masih kental maka tambahkan lagi airnya dan terigu sampai semua terigunya habis.
  5. Setelah semua bahan tercampur rata maka kita segera panaskan minyak di wajan.
  6. Setelah minyak panas kita masukkan adonan bakwan jagung satu persatu dengan menggunakan sendok takar dan goreng dengan api sedang.
  7. Setelah warna bakwan jagung agak kecoklatan maka segera angkat dan tiriskan.
  8. Susun bakwan jagung di piring saji dan voila! Bakwan jagung kol sudah bisa dinikmati.
Bakwan Jagung Kol

Nah, gimana teman-teman? Mudahkan membuatnya heheh. Lebih nikmat lagi kalau ditemani dengan es teh manis dan orang terkasih (kalau ada 😋 ) hehhehe. Selamat mencoba!




Comments

  1. Salah satu makanan kesukaan nih, bakwan jagung... pokoknya jangan tinggal cabe rawitnya...

    ReplyDelete
  2. Salah satu gorengan favoit nih, dimakan anget-anget pake cabe rawit, uuu syedap!

    ReplyDelete
  3. wuiih sedaap.. aplg dimakan di suasana yg lg dingin2, ditambah cabe rawit atau saos sambal, tambah nikmaaat 💕

    ReplyDelete
  4. Favorit sih ini, udah bikinnya gampang, bahannya mudah didapet, rasanya enak lagi...
    Duhh jadi pengen..

    ReplyDelete
  5. Mana hari2 ini sering ujan kan ya, fix ini jdi menu andalan banget...

    ReplyDelete
  6. Wah camilan favorit di rumah aku ini. Biasanya sih aku gak campur kol. Mau cobain juga deh ini

    ReplyDelete
  7. Baru aja kemarin aku buat bakwan jagung. Cuma nggak pake kol. Gurih banget. Manis. Next coba campuri kol deh.

    ReplyDelete
  8. Suka banget jadi pengen masak hehe. Duluh masak nya hampir setiap hari karena suka 🌽 tapi biasanya aku jagung aja sih heheh baru tw ya bisa pake kol

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Anak Kecil Melek Gadget? Why not!

BLACK TEKWAN, Kuliner Kekinian ala Anak Kos

REVIEW : JAJANAN "ZAMAN NOW" ALA MAHASISWA KEBIDANAN