Benteng Marlborough, Wisata Indah Penuh Sejarah

Benteng Marlborough, Wisata Indah Penuh Sejarah



Tampak depan dari Benteng Malborough.
Source: Google.
Benteng Marlborough (Fort Malborough) adalah benteng peninggalan Inggris di kota Bengkulu. Benteng ini didirikan oleh East India Company (EIC) tahun 1713-1719 di bawah pimpinan gubernur Joseph Callet sebagai benteng pertahanan Inggris. Konon, benteng ini merupakan benteng terkuat Inggris di wilayah Timur setelah benteng St. George di Madras, India.

Meriam peninggalan zaman jajahan Inggris di Benteng Malborough

Penjara untuk para tahanan di zaman penjajahan
Ketika kita masuk ke dalam benteng ini maka kita akan melihat peninggalan sejarah yang sangat menawan. Terdapat banyak meriam yang dijadikan hiasan di halaman-halaman benteng tersebut, terdapat ralief di gerbang besarnya, foto-foto bersejarah, benda-benda bersejarah, ruang tahanan, terowongan, gudang persenjataan, Bastion (bangunan menjorok yang terletak di setiap sudut sudut gedung. Fungsi dari bangunan ini adalah untuk menyerang musuh dengan tidak menampakkan dirinya), Revaline (Sebuah Bangunan diatas parit yang mempunyai tiga sudut. Bangunan terhubung dengan sebuah benteng melalui sebuah jembatan) dan keindahan bangunan yang sangat cocok untuk dijadikan lokasi hunting foto dan tempat pembelajaran sejarah yang sangat mendidik. 
"Jangan lupa untuk membayar tarif masuknyanya, kira-kira Rp.3000 per orang (tarif bisa berubah sewaktu-waktu)."
Pengambilan video testimoni  dari
Duta GenRe Provinsi Bengkulu 2016
 untuk komunitas "Mudo Bengkulu Kito".
         Benteng Marlborough memiliki daya tarik tersendiri karena selain langka dan unik,  desain dari bangunan benteng ini juga masih asli tanpa adanya pugaran yang signifikan, tipikal desain pada abad ke 17 –an.Benteng malborough ini dikelilingi oleh banyak tempat wisata dan kuliner yaitu pantai zakat, tapak paderi, kampung china,tugu pers, pondok sendal jodoh,  dan barukoto. Tidak jauh dari Benteng Malborough ini juga terdapat Benteng Thomas Parr dan view tower. Baru-baru ini juga terdapat tulisan besar “Malborough Fort” yang mengarah ke tapak paderi. Tulisan besar ini sekarang ramai dikunjungi oleh warga Bengkulu untuk menjadi latar foto hunting dan selfie mereka. Lokasi yang strategis ini membangkitkan perpaduan antara alam dan budaya yang berjalan dinamis.
Kegiatan City Tour Alumni PCTA  Provinsi Bengkulu
Selain menjadi tempat wisata,Benteng Marlborough juga dapat dijadikan sebagai referensi untuk melakukan penelitian tentang sejarah. Setiap wisatawan yang berkunjung ke tempat bersejarah ini dapat menyempatkan waktunya untuk berkunjung ke pantai Paderi dan pantai Zakat yang terletak tidak jauh dari Benteng Marlborough. Tapi jangan lupa untuk membawa topi, kaca mata hitam, dan tabir surya ketika berkunjung ke sini karena mataharinya sangat terik.Jangan khawatir akan tersesat ketika berkunjung ke sini, karena bagi turis domestic dan manca negara akan disediakan pemandu yang siap untuk menunjukkan arah dan lokasi yang tepat. Asiknya lagi nih tim BoBe bakalan siap buat nemenin temen-temen saat berkunjung ke Bengkulu. Lebih modern lagi saat ini kita bisa melihat lokasinya menggunakan google map. Lebih praktis kan? Hehhe. Saya tunggu kedatangan teman-teman di Bengkulu ya. J




Comments

Popular posts from this blog

RD Beauty Care: Harga Terjangkau, Kualitas Memukau

Yuk, Kenal Lebih Dekat dengan Emaknya BoBe : Mbak Milda, Srikandi Digital Bengkulu

Anak Kecil Melek Gadget? Why not!